Jumat, 09 November 2012

Perencanaan Bisnis Baru agar Sukses

Perencanaan Bisnis

Langkah Merencanakan Bisnis Agar Sukses

Seorang pelaku usaha yang professional pasti mempersiapkan segala sesuatunya dengan perencanaan bisnis yang matang. Seperti dalam bisnis pada umumnya bahwa segala risiko kerugian atau kegagalan bisa terjadi pada siapapun. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut maka dibutuhkan perencaan terlebih dulu.
Dari segi modal, sebuah usaha atau bisnis yang sedang dijalankan hendaknya terinsi dengan kalkulasi yang tepat misalnya mengenai berapa modal yang akan keluar, keuntungan yang akan diperoleh serta jangka waktu target dalam pengembalian modal tersebut. Jika semua terencana dengan baik, maka segala risiko kerugian atau kebangkrutan sebuah usaha akan menjadi semakin kecil risikonya. Ini menjadi sangat penting jika kita belajar dengan melihat usaha atau bisnis yang gagal yang ada di sekitar kita. Hendaknya itu membuat kita berfikir dan mampu mengatasi segala masalah yang akan dihadapi dalam membidik sebuah bisnis nantinya.
Selain modal, hal terpeting adalah kesiapan metal si pelaku bisnis tersebut. Sudahkah kita mampu menjadi pebisnis yang handal dalam menghadapi pasar yang semakin kompetitif?? Ini tentunya harus terjawab dengan kesiapan ental yang kuat dan pembentukan karakter sebagai pebisnis handal. Kita bisa lebih memperkuat mental bisnis kita dengan banyak belajar agar mental kita menjadi semakin kuat misalnya saja dengan banyak membaca buku tentang jenis bisnis yang akan dikelola. Semakin kita banyak pengetahuan tentang seluk beluk jenis bisnis yang akan kita jalankan, maka rasa percaya diri untuk menatap masa depan bisnis akan semakin mantab.
Beberapa hal kecil yang perlu diperhatikan dalam Perencanaan Bisnis adalah:
Jeli Mencari Pelanggan
Dalam menjual produk misalnya, kunci sukses untuk lebih dapat mendistribusikan atau menjual produk kita ke pasar hal terpenting adalah masalah strategi pemasaran. Untuk tahap awal kita mungkin perlu usaha yang ekstra, mungkin saja dengan melakukan door to door dalam menawarkan produk. Ini dapat kita artikan menjadi sangat luas maknanya. Selain itu kita juga bisa belajar dari buku-buku tentang strategi pemasaran.
Menjaga Hubungan Baik dengan konsumen
dalam menjalankan sebuah usaha, hal terpenting adalah komunikasi yang baik antara produsen dengan konsumen, maka kita harus bisa menjaga hubungan tetap langgeng dengan mereka dengan serius menanggapi saran dari mereka mengenai layanan produk kita, contoh lain adalah misalnya memberi bingkisan hari raya, sekali-kali memberi diskon atau juga dengan hanya sekedar tersenyum ramah menyapa dan mengobrol dengan mereka.
Belajar dari Kegagalan
Seorang pengecut dalam bisnis pasti takut dengan yang namanya kegagalan. Gagal bukanlah sebuah akhir dari sebuah usaha, banyak orang-orang sukses yang harus lebih dulu melewati kegagalan sebelum ke puncak kesuksesan. Jika takut gagal, sama saja dengan takut sukses. Maka persiapkan diri dengan baik untuk dapat meraih kesuksesan.
Belajar dari banyak buku membuat kita akan semakin kaya ilmu, dan meningkatkan rasa percaya diri yang tinggi dalam Perencanaan Bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar